Sponsor

Senin, 26 Januari 2015

Sub komponen dan butiran komponen (tatap muka)






Sub komponen dan butiran komponen (tatap muka)

1.    Kegiatan pendahuluan
a.    Menyiapkan peserta didik
b.   Menyiapkan apersepsi
c.    Menjelaskan KD dan tujuan yang ingin dicapai
d.   Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus/kesiapan bahan ajar
e.   Penampilan guru
2.    Kegiatan inti pembelajaran
A.   EKSPLORASI
1.    Melibatkan siswa dalam mencari informasi dan belajar dari aneka sumber dengan menerapkan prinsip menjadikan alam sekitar sebagai guru
2.    Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lainnya
3.    Memfasilitasi terjadinya interaksi antar siswa serta antara siswa dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
4.    Melibatkan siswa secara aktif dalam berbagai kegiatan pembelajaran
5.    Memfasilitasi siswa melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan

B.   ELABORASI
1.    Membiasakan siswa membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna
2.    Memfasilitasi siswa melalui pemberian tugas, diskusi, dll, untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tulisan
3.    Memberikan kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa ada rasa takut
4.    Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif
5.    Memfasilitasi siswa berkompetensi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar
6.    Memfasilitasi siswa membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis secara individual maupun kelompok
7.    Memfasilitasi iswa untuk menyajikan hasil kerja secara individual maupun kelompok
8.    Memfasilitasi siswa melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang di hasilkan
9.    Memfasilitasi siswa melakukan kegiatan yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri siswa
C.   KONFIRMASI
1.    Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan siswa
2.    Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi siswa melalui berbagai sumber
3.    Memfasilitasi siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan
4.    Berfungsi sebagai nara sumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan siswa yang menghadapi kesulitan
5.    Membantu menyelesaikan masalah siswa dalam melakukan pengecekan hasil eksplorasi
6.    Memberikan motivasi kepada siswa yang kurang aktif dan memberikan informasi untuk berekplorasi lebih jauh
3.    Penutup
a.    Membuat rangkuman/simpulan
b.   Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang sudah dilakukan
c.    Memberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran
d.   Memberikan tugas terstruktur (PT) dan kegiatan mandiri tidak terstruktur (KMTT)
e.   Menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya

thumbnail
Judul:

Sub komponen dan butiran komponen (tatap muka)


Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh

Terimakasih Sudah Singgah di sini ! :

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
http://simbolonbermanhot.blogspot.com @Van Bolon - Published by Bamz